August 26, 2010

Home » , , » Manfaat Kurma

Manfaat Kurma

Kurma ( Phoenix dactylifera ) adalah sejenis tanaman palma yang banyak ditanam di Timur Tengah dan Afrika Utara karena buahnya dapat dimakan. Karena sejarah pembudidayaannya untuk diambil buahnya sudah lama sekali, asal-usulnya yang pasti tidak lagi diketahui, namun kemungkinan besar pohon ini berasal di oasis padang pasir di Afrika utara, dan barangkali juga di Asia barat daya. Pohonnya berukuran sedang, tingginya sekitar 15-25 meter, seringkali tumbuh bergerombol dengan beberapa batang pohon yang muncul dari satu akar yang sama, namun bisa juga tumbuh sendiri-sendiri.


Abu Dawud meriwayatkan bahwa Sa’ad mengatakan : “Pada suatu waktu, saya terserang penyakit dan Rasulullah SAW datang menjengukku, lalu meletakan tangan beliau di tengah-tengah dadaku, sampai jantungku terasa dingin. Beliau lalu bersabda : “Engkau mengeluhkan jantungmu, cobalah datangi Abu Kaladah dari suku Thaqif, karena dia mengetahui tentang obat. Biarkan dia mengambil tujuh buah kurma dari Madinah itu untuk obatmu.” , gilinglah dengan biji-bijinya kemudian pergunakan

Kurma pada umumnya, kurma kering khususnya, terutama sekali dari Madinah memiliki manfaat yang banyak sekali dan khususnya amat efektif dalam mengobati jantung. Menggunakan tujuh buah kurma merupakan keutamaan yang hanya didapat melalui wahyu.

Dalam Shohih Bukhory Muslim diriwayatkan bahwa Sa’ad bin Abu Waqas berkata, Rosululloh Shollalloohu 'Alayhi wa Sallam bersabda : “Siapa saja yang memakan tujuh buah kurma dari daerah Al-Aliah ketika dia bangun di waktu pagi maka tidak ada satupun racun atau sihir akan membahayakannya pada hari itu.


Pada kurma yang masih lembek ( matang di pohon dan belum dijemur ) kandungan gulanya sekitar 60 persen. Sedangkan kurma yang telah dikeringkan kandungannya cukup tinggi, sekitar 70 persen. Kandungan gula dalam kurma memiliki daya serap yang buruk, sekitar 45-50 menit sehingga waktu untuk pengolahan menjadi nutrisi yang disalurkan ke dalam darah menjadi lumayan lama.

rutab ( kurma lembek )

Buah padang pasir ini juga mengandung berbagai vitamin yang diperlukan oleh tubuh. Vitamin A, thiamin, riboflavin, zat besi, vitamin B berada dalam buah kurma. Riboflavin dan niasin misalnya, akan membantu melepaskan energi dari makanan, sementara thiamin membantu melepaskan energi dari karbohidrat. Vitamin A dan niasin memainkan peranan dalam membentuk dan memelihara kulit yang sehat. Thiamin penting bagi sel-sel saraf, sementara niasin menjaga fungsi normal saraf.
Mineral juga sangat banyak ditemukan dalam kurma. Magnesium dan kalium setidaknya berada dalam jumlah yang cukup bisa diandalkan untuk membantu kinerja tubuh menjadi lebih baik. “Banyak juga terkandung serat-serat seperti layaknya buah yang lainnya,” tutur Prof Ali. Menurut beliau, serat tersebut dapat membuat pencernaan menjadi baik. Kandungan kurma membuat usus menjasi lunak dan mengaktifkannya sehingga secara alamiah seseorang secara mudah dapat buang air besar.

Kandungan kalium kurma yang tinggi,sangat menguntungkan jantung dan pembuluh darah. Denyut nadi menjadi semakin teratur dan otot-otot menjadi kontraksi sehingga membantu menstabilkan tekanan darah. Hanya saja, kadar kalium yang tinggi tidak diimbangi dengan kadar garam yang tinggi ( natrium ). Sehingga bagi mereka yang memiliki tekanan darah tinggi ( hipertensi ) tidak cocok untuk mengkonsumsi kurma, apalagi jika mengkonsumsinya secara berlebih,kalium itu juga mampu membuat kita terhindar dari kaku otot.

Potasium yang tinggi juga ada dalam kurma. Sekedar pengingat saja kalau potasium mempunyai manfaat untuk mengendalikan tekanan darah, terapi bagi mereka yang bertekanan darah tinggi, membersihkan karbon dioksida dalama darah serta memicu kerja otot dan simpul saraf.
Zat tannin yang tinggi pada kurma dapat digunakan sebagai anti diare. Kurma juga dapatdigunakan sebagai obat flu, radang tenggorokan, mengatasi mabuk serta meningkatkan trombosit dalam darah bagi mereka yang terkena demam berdarah. Caranya yaitu dengan memblender 500 gram kurma yang telah dibuang kulitnya, kemudian campur dengan lima gelas air putih sampai halus. Hasil dari blenderan tersebut diminum sebanyak satu gelas tiap satu jam selama sehari.

Mereka yang terkena sakit kepala juga dapat terobati dengan mengkonsumsi buah kurma. Setelah melakukan penelitian lebih lanjut, ternyata dalam kurma terdapat zat salisilat ( suatu zat yang lazim dipakai sebagai bahan baku obat sakit kepala, penghilang rasa sakit hingga demam ). Tetapi kurma sebaiknya tidak dimakan oleh mereka yang memiliki penyakit diabetes. Bukannya membaik, kurma akan membuat kadar gula penderita diabetes yang sudah cukup tinggi menjadi lebih tinggi

Selain memiliki vitamin yang sangat tinggi, kurma mengandung gula-gula monosakarida, sehingga mudah dicerna oleh tubuh. Gula-gula itu antara lain berupa glukosa dan fruktosa. Bahkan mampu meningkatkan kebasahan lambung yang terlalu asam setelah 13-14 jam tak memperoleh makanan dan minuman.

Dalam kurma juga terdapat asam salisilat yang biasanya digunakan sebagai bahan baku aspirin. Asam salisilat mencegah pembekuan darah, anti inflamasi ( radang ) dan menghilangkan rasa ngilu maupun nyeri.
Selain itu, kurma dapat mengendalikan hipertensi dengan mengatur kadar prostaglandin yang turut berperan dalam proses tekanan darah. Namun, penderita diabetes melitus tidak boleh terlalu banyak mengonsumsi kurma. Kandungan gula monoskarida yang cukup tinggi dapat meningkatkan kadar gula darah secara cepat.

Selain manfaat manfaat di atas, kurma juga dipercaya dapat meningkatkan Air Susu Ibu ( ASI ).Jika dilihat dari macam dan jenisnya, ada berbagai macam jenis kurma. Ada yang berbentuk kecil lonjong, kecil agak bulat dengan berat sekitar 5 gram per buah, hingga yang berbentuk agak besar dan panjang dengan berat sekitar 12 gram per buah.
Warnanya pun beragam. Mulai berwarna kuning keputih-putihan, kuning emas, cokelat muda, sampai cokelat kehitaman. Salah satu kurma yang populer adalah kurma emas atau golden date. Sebab bentuk warna dan rasanya yang sangat lezat dan khas.
Ada juga kurma ajwah yang dipercaya kaya akan manfaat kesehatan bila dimakan tujuh butir setiap hari. "Kurma ini relatif mahal dan hanya tumbuh di daerah Timur Tengah. Di pasaran, terdapat 26 jenis kurma. Jenis ajwah merupakan kurma yang paling mahal," kata Direktur RSU Haji Surabaya. Prof Dr dr Rochamd Romdhoni.

kurma 'ajwah


Selain itu, terdapat pula kurma jenis sukari. Kurma jenis ini berukuran besar dan berwarna cokelat terang. Kurma ini diyakini dapat menambah tenaga, khususnya bagi laki-laki.
kurma sukari

"Untuk perempuan terdapat kurma lubanah yang berarti kurma susu. Kurma jenis ini berukuran kecil dan agak keras. Karena itu, sebelum dimakan, kurma ini harus direbus dahulu di dalam air. Kurma ini diyakini sangat baik untuk ibu yang sedang menyusui, untuk menambah air susu ( ASI )," katanya.

Mengingat khasiat kurma yang begitu besar bagi kesehatan, ada baiknya kurma tidak hanya dikonsumsi ketika bulan puasa, tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari. "Kurma sangat cocok sebagai penyuplai energi bagi yang akan melakukan perjalanan jauh, seperti mendaki gunung ataupun berlayar," tegasnya



Kandungan Kurma

Nutrisi : Air 22.50 g, Energi 275 kal, Energi 1.151 kj, Protein 1,97 g, Lemak 0,45 g, Karbohidrat 73,51 g, Serat 7,5 g, Ash 1,58 g.

Mineral : Kalsium, Ca 32 mg, Zat Besi, Fe 1,15 mg, Magnesium, Mg 35 mg, Fosfor, P 40 mg, Potasium, K 652 mg, Sodium, Na 3 mg, Zinc, Zn 0,29 mg, Copper, Cu 0,288 mg, Manganese, Mn 0,298 mg, Selenium, Se 1,9 mcg.

Vitamin : Thiamin 0,090 mg, Riboflavin 0,100 mg, Niacin 2,200 mg, Pantothenic 0,780 mg, Vitamin B-6 0,192 mg, Folate 13 mcg, Folate, food 13 mcg, Vitamin A, 50 IU, Vitamin A, RE 5 mcg_RE, Vitamin E 0,100 mg_ATE.

Bulan puasa adalah bulan yang penuh berkah. Segala kehangatan dan kesejukan terasa di bulan ini pula sebagian besar orang mengkonsumsi buah kurma sebagai penghilang rasa lapar selepas seharian berpuasa. Tetapi di balik rasanya yang manis itu, tersimpan berbagai manfaat yang berguna untuk kesehatan tubuh. Lantas apa sajakah manfaat kurma untuk kesehatan?



Berikut beberapa manfaat dari Buah Kurma :

1. Satu butir kurma kaya akan energi dalam bentuk hidrat arang (6,1 g), serat, potasium ( 54,3 mg ), dan cukup zat besi.

2. Satu dua butir kurma sudah cukup mengganti energi yang berkurang saat puasa. Berdasarkan Data Primer Penelitian Puasa dan Kesehatan 1994 (Puasa dan Kesehatan, Dr.dr.H. Wahjoetomo), perubahan kadar gula darah sebelum dan saat berpuasa relatif kecil (tidak bermakna)

3. Potasium bermanfaat mengatasi kelelahan otot, juga menurunkan tekanan darah tinggi dan risiko stroke.

4. Seratnya baik untuk mengatasi sembelit.

5. Tekstur serat pada kurma cukup halus, aman untuk lambung sensitif atau radang usus.

6. Kombinasi zat besi dan hidrat arang baik bagi penderita anemia dan lesu kronis.

7. Ruthab ( kurma basah ) mencegah terjadi pendarahan bagi perempuan-perempuan ketika melahirkan dan mempercepat proses pengembalian posisi rahim seperti sedia kala sebelum waktu hamil yang berikutnya [4]. Hal ini karena dalam kurma segar terkandung hormon yang menyerupai hormon oxytocine yang dapat membantu proses kalahiran. Hormon oxytocine adalah hormon yang salah satu fungsinya membantu ketika wanita atau pun hewan betina melahirkan dan menyusui.

kurma ruthab

8. Buah kurma, baik tamr maupun ruthab dapat menenangkan sel-sel saraf melalui pengaruhnya terhadap kelenjar gondok. Oleh karena itu, para dokter menganjurkan untuk memberikan beberapa buah kurma di pagi hari kepada anak-anak dan orang yang lanjut usia, agar kondisi kejiwaannya lebih baik.

kurma kering ( Tamr )

9. Buah kurma yang direbus dapat memperlancar saluran kencing.Kurma sangat dianjurkan sebagai hidangan untuk berbuka puasa. Ada hal yang sudah ditetapkan dalam bidang kedokteran bahwa gula dan air merupakan zat yang pertama kali dibutuhkan orang berpuasa setelah melalui masa menahan makan dan minum. Berkurangnya glukosa ( zat gula ) pada tubuh dapat mengakibatkan penyempitan dada dan gangguan pada tulang-tulang. Dilain pihak, berkurangnya air dapat melemahkan dan mengurangi daya tahan tubuh. Hal ini berbeda dengan orang berpuasa yang langsung mengisi perutnya dengan makanan dan minuman ketika berbuka. Padahal ia membutuhkan tiga jam atau lebih agar pencernaannya dapat menyerap zat gula tersebut. Oleh karena itu, orang yang menyantap makanan dan minuman ketika berbuka puasa tetap dapat merasakan fenomena kelemahan dan gangguan-ganguan jasmani akibat kekurang zat gula dan air.

10. Buah kurma dapat mencegah stroke.

11. Buah kurma kaya dengan zat garam mineral yang menetralisasi asam, seperti Kalsium dan Potasium. Buah kurma adalah makanan terbaik untuk menetralisasi zat asam yang ada pada perut karena meninggalkan sisa yang mampu menetralisasi asam setelah dikunyah dan dicerna yang timbul akibat mengkonsumsi protein seperti ikan dan telur.

12. Buah kurma mengandung vitamin A yang baik dimana ia dapat memelihara kelembaban dan kejelian mata, menguatkan penglihatan, pertumbuhan tulang, metabolisme lemak, kekebalan terhadap infeksi, kesehatan kulit serta menenangkan sel-sel saraf.

13. Jika dimakan tanpa membuang kulitnya, dapat melancarkan pencernaan dan mencegah peradangan usus.

14. Bagi perempuan menyusui, kandungan zat besi dan kalsium dalam kurma dapat menambah kuantitas air susu.

15. Kurma pun berperan membantu pembentukan darah dan sumsum tulang bagi bayi yang disusui.

16. Kurma dipercaya memberi tambahan tenaga untuk ibu hamil.

17. Menurut hasil penelitian, jus kurma dapat memperkuat urat-urat rahim, sehingga proses melahirkan lebih mudah. Juga mengurangi pendarahan ketika melahirkan serta menguatkan organ rahim.

18. Konon, bayi yang disusui ibu yang rajin mengonsumsi kurma, akan tumbuh menjadi anak yang cerdas.

19. Sangat baik untuk mengatasi masalah sembelit, lemah otot, letih, stress dan pegal.

20. Membantu menguatkan daya ingat.

21. Perempuan Arab percaya kurma dapat menghaluskan kulit. Biasanya dengan campuran bahan lain dijadikan kosmetik pelengkap kecantikan.

22. Kadar kalium yang terdapat dalam kurma dapat mengurangi risiko serangan stroke dan darah tinggi.

23. Bagi penderita batuk, kandungan gulanya dapat menghilangkan gatal-gatal di kerongkongan, sekaligus menghentikan batuk.

24. Jus kurma juga berkhasiat mengurangi penyakit insomnia.

jus kurma

25. Kurma dapat menambah nafsu makan dan seksual.

26. Zat besi dan hidrat arang yang terkandung cukup baik bagi penderita anemia dan lesu kronis.

27. Mempunyai andil menghangatkan badan dan meningkatkan daya kerja otak.


Diambil dari berbagai sumber

6 comments:

Fanda said...

Selain itu, kurma juga obat yg efektif menaikkan kadar trombosit dalam darah pada penderita DB. Aku selalu ingat waktu dulu DB, dan dokternya gak ngasih resep obat, hanya suruh papaku beli kurma dari Medinah. Kata beliau hanya itu obatnya.

johan ZeroSeven said...

bnar-banr kurma sangat bermanfaat..

hmmm,, di bikin jus kurma bisa gak ya...??

j4j said...

aku suka kurma karena manis, ternyata banyak jg manfaatnya...!!! pengen nyoba yg point 24, coz susah tidur malam...!!! thanks infonya...!!! :D

kayaknya aku pertama ya...!!! yeeesss...!!! :)

Semut said...

Wah ternyata banyak jg yo manfaat dri buah kurma, nice inpo n salam kenal

greenlife said...

saya lg diet ni kira2 gemuk ga y?sya hmpir tiap hr mkn kurma kr2 10 buah slm bln puasa ini, bs nambah berat bdn y?duh ga bs mkn kurma lg deh

greenlife said...

bikin gemuk ga c?ak tiap hari mkn 10 buah kurma.pdhl ak lg diet

Post a Comment

makasih nih udah berkunjung,ngomen ya,hehehe biar jadi makin deket

Related Posts with Thumbnails

Blog Stats

Health BlogsTopOfBlogsHealth Blogs - Blog Rankings