December 29, 2009

Home » » Vitamin oh Vitamin

Vitamin oh Vitamin

Di postingan kali ini Jasmine mau bagi - bagi informasi tentang berbagai jenis dan nama - nama Vitamin,oke langsung aja kita liat sama - sama yuk,cekidot!


1) Vitamin A ( Retinol )


Fungsi :

menjaga sistem kekebalan tubuh,menyediakan makanan untuk kulit,mata,rambut,kuku,selaput- selaput halus dan kelenjar - kelenjar andrenalin.Mengatasi infeksi,meningkatkan fungsi hati dan tiroid.Mengurangi stres,membantu penglihatan menjadi jelas dan menyokong pertumbuhan dan reproduksi.

Terdapat pada :
kacang-kacangan,kol,wortel,selada,bayam,minyak nabati,telur dan hati.




2) Vitamin B1 ( Thiamin )


Fungsi :

mempertahankan metabolisme karbohidrat menjadi normal,menjaga berfungsinya sistem saraf,membangun kekuatan otot yang baik untuk sistem peredaran darah,terutama hati,mengurangi kelelahan,membantu pencernaan dan melindungi sistem kekebalan tubuh.

Terdapat pada :

kubis,selada,buncis,kacang polong,wortel,apel,buah,aprikot,pisang,jeruk besar,hazelnut,almond,gandum,beras,jagung manis,kuning telur,hati,kentang.
Vitamin B1 cepat hilang dari tubuh,sehingga harus diganti setiap hari.




3) Vitamin B2 ( Riboflavin )


Fungsi :

untuk kesehatan rambut,kulit,dan kuku.Melindungi kelenjar - kelenjar adrenalin dari kerusakan yang disebabkan stres.Melindungi sistem kekebalan tubuh,perawatan sel,terutama dalam penyembuhan luka.

Terdapat pada :

selada,seledri,bayam,daun jelatang,buncis,kacang polong,kembang kol,aprikot,buah persik,buah prem,buah pir,almond,walnut,gandum hitam,beras,susu,telur,ikan,hati,dan ginjal.




4) Vitamin B3 ( Niasin )


Fungsi :

meningkatkan sistem peredaran darah,metabolisme otak,melindungi sistem kekebalan tubuh.

Terdapat pada :

kacang - kacangan,kacang kedelai,jamur pengembang bir,ikan,hati,unggas,ginjal.




5) Vitamin B5 ( Asam Pantotenik )


Fungsi :

mengurangi kadar racun dalam obat - obatan,menambah kemampuan tubuh menanggung stres,melindungi sistem kekebalan tubuh,metabolisme tenaga,pembentukan Asetikolin ( zat yang dibutuhkan supaya ingatan berfungsi dengan semestinya ).

Terdapat pada :

sereal wholegrain,berbagai tumbuhan polong,jamur pengembang bir,telur,unggas,hati ikan dan ginjal.




6) Vitamin B6 ( Piridoksin )


Fungsi :

untuk menjaga kesehatan DNA dan RNA ( gen ).Membantu pembentukan kolagen dan elastin,melindungi sistem kekebalan tubuh,metabolisme lemah,gula dan protein.

Terdapat pada :

kacang - kacangan,kacang polong,kentang,selada,tomat,beras merah,jamur pengembang bir,biji bunga matahari,hazelnut,kacang tanah,pisang,susu,kuning telur,ikan,daging tanpa lemak,hati.




7) Vitamin B12 ( Sianokobalamin )


Fungsi :

membantu menjaga usus - usus tetap sehat sehingga meningkatkan kerja pencernaan.Mensintesiskan asam nukleat,menjaga sistem kekebalan tubuh.Metabolisme asam lemak dan protein.Unsur untuk memproduksi sel - sel darah merah.

Terdapat pada :

kebanyakan sayur - sayuran mentah,gandum,jamur pengembang roti,biji gandum,susu,keju,tiram,kerang,ikan sardin,ikan hering,salmon,hati dan ginjal.




8) Vitamin C ( asam askorbat )


Fungsi :

memperkuat dinding - dinding saluran darah,membantu mempercepat proses penyembuhan luka,anti oksidan alamiah,mencegah penyakit demam,penyakit hati koroner,engsel - engsel yang bengkak dan terasa sakit,melindungi sistem kekebalan tubuh.

Terdapat pada :

brussels sprout,merica,curly kake,brokoli,sayuran hijau mentah,tomat,walnut segar,stroberi,jeruk,lemon,kentang,bawang merah,salad dan delion.




9) Vitamin D


Fungsi :

proses absorpsi kalsium,pertumbuhan dan pemeliharaan tulang - tulang yang sehat.Mengatur metabolisme kalsium dan fosfat,pengirim sinyal - sinyal dan penata keteraturan.

Terdapat pada :

sinar matahari,sayuran berwarna hijau,biji sereal,ragi,susu,mentega,kuning telur,minyak hati ikan,ikan tuna,ikan salmon.




10) Vitamin E ( Tokoferol )


Fungsi :

perlindungan terhadap ibu dan anak selama kehamilan,antioksidan alamiah yang merangsang metabolisme sel - sel kulit,melindungi sistem kekebalan tubuh.

Terdapat pada :

sayuran berdaun hijau,minyak nabati,minyak biji gandum,minyak kedelai,kacang tanah,semua jenis gandum,sereal.




11) Vitamin F ( Asam lemak Esensial )

Fungsi :

penting untuk sistem peredaran darah,mengurangi kolesterol yang terlalu banyak,mencegah penyakit jantung dan arterios klerosis.

Terdapat pada :

sebagian besar gandum,biji - bijian,terutama biji rami.




12) Vitamin H ( Biotin )

Fungsi :

membantu sintesis asam lemak dan glukosa,merawat kesehatan kulit,melindungi sistem kekebalan tubuh.Penting untuk metabolisme karbohidrat dan lemak.

Terdapat pada :

ragi,hati,kuning telur,kacang kedelai,beras merah.




13) Vitamin K


Fungsi :

penting dalam proses pembekuan darah,penting dalam fungsi hati,menyediakan energi ekstra untuk sel - sel tubuh anda.

Terdapat pada :
sayuran hijau dengan daun keriting,kubis hijau,bayam,daun jelatang,yogurt,susu,telur,minyak hati ikan.

Keep healthy!
Mensana incorpore sano!
Semoga bermanfaat...

0 comments:

Post a Comment

makasih nih udah berkunjung,ngomen ya,hehehe biar jadi makin deket

Related Posts with Thumbnails

Blog Stats

Health BlogsTopOfBlogsHealth Blogs - Blog Rankings