December 29, 2009

Home » , , » Jerawat

Jerawat

SEBAB - SEBAB TIMBULNYA JERAWAT:

Para ahli berpendapat,kulit adalah tameng tubuh kita,juga indikator keadaan tubuh.Kalau kulit bermasalah,kemungkinan juga ada masalah dalam tubuh.Termasuk juga munculnya jerawat,disebabkan oleh hormon yang ada dalam tubuh menstimulasi kelenjar lemak pada kulit,sehingga kulit banyak mengeluarkan minyak.Minyak ini menyebabkan kuman - kuman mudah menempel pada kulit,kulit kemudian bereaksi memerah dan jadilah jerawat!Selain itu,sebab lain timbulnya jerawat adalah kosmetik.Karena itu,bedak,blush on,foundation dan krim,walaupun bisa menyamarkan jerawat,tapi setelah pemakaian justru memicu pertumbuhan jerawat baru.So,kalo berjerawat,hati - hati deh pake kosmetik!


Jerawat  biasanya timbul karena pengaruh hormon

CARA MENGATASINYA GIMANA?

Nah,habis ngomongin sedikit mengenai penyebab timbulnya jerawat,sekarang kita akan ngebahas soal mengatasi jerawat.Untuk menyeimbangkan hormon berlebih,sebenarnya kita harus mengatur pola makan.Sering banget deh kita denger,Yup! 4 sehat 5 sempurna!Jadi,makanan yang sehat adalah kunci penting untuk mengembalikan kondisi yang menurun dan kesehatan kulit,sekaligus menghilangkan jerawat.



JENIS MAKANAN yang DIPERBANYAK:

- Banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung Zinc dan Kalsium.
Zinc dapat menambah daya tahan tubuh,memacu kerja protein untuk memperbaiki sel tubuh dan mempercepat kesembuhan luka.Sedangkan Kalsium,dapat menenangkan syaraf.Makanan yang banyak mengandung Zinc antara lain : jagung,kedelai,lobak,jamur,hati.Susu adalah pilihan yang baik untuk mencukupi kebutuhan kalsium.

- Banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A,B2,B6,C,E.
Makanan yang banyak mengandung vitamin A diantaranya : minyak ikan,telur ikan,hati,mangga,almond,bayam,selada.Vitamin A berguna untuk regenerasi kulit.Bersama dengan Zinc,vitamin A bisa memperkecil pori - pori,mengurangi keasaman yang merusak kulit.Sementara minyak kacang,jamur kuping dan jamur merang,mengandung vitamin E.Vitamin ini termasuk factor pencegah yang paling efektif.Selain untuk menghilangkan jerawat,juga sangat baik untuk mencegah penuaan.
Yang mengandung vitamin B2 dan B6 kebanyakan sayuran hijau,ikan khususnya Salmon.Vitamin ini dapat mempercepat penyembuhan kulit dan juga menetralkan jerawat.Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan vitamin C,cukup dengan banyak mengkonsumsi buah - buahan.Vitamin ini berpengaruh pada pencegahan,juga berguna dalam penyembuhan kulit bekas timbul jerawat.

- Banyak mengkonsumsi makanan berserat,juga banyak minum air.Ini dapat memperlancar pencernaan sehingga kelebihan minyak cepat terbuang.Makanan berserat seperti roti gandum dan kacang - kacangan.




PANTANGAN!



- Menurut kedokteran Cina,jerawat timbul karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak dan makanan yang terlalu berbumbu.Emang sih ehmm Yummy...Tapi,kalo mau bebas jerawat ya mesti menjauh dari jenis makan ini.Berkorban dikit lah...

- Makanan pedas dan panas.Karena makanan pedas bisa mengganggu fungsi syaraf dan aliran darah,mudah banget memicu jerawat buat nongol lagi.

Emang sih,walaupun kita udah mulai memperhatikan asupan makanan kita,nggak berarti kondisi kulit langsung membaik.Dan dibawah ini adalah alternatif yang bisa kita praktikkan!

1)Susu Kacang : diminum langsung dapat membantu penyembuhan jerawat.

2)Sup Kecambah Kedelai : kecambah kedelai di cuci bersih lalu direbus dengan api besar,setelah mendidih masak lagi 30 menit dengan api kecil.Minum Supnya selagi hangat.

3)Perasan Bawang Putih : jus bawang putih,lalu ditambah air hangat,gunakan untuk cuci muka.Pengaruhnya bisa langsung terlihat.

4)Perasan Lemon : air perasan lemon ditambah dengan air hangat,gunakan untuk mencuci muka.Dapat mengurangi infeksi dan menyegarkan.


Selain itu,ada satu hal yang harus selalu kita ingat,yakni "Tidur yang Cukup".Coba deh kita perhatiin,saat kita kurang tidur pasti banyak jerawat yang muncul.So,kurangi begadang,,,kalau tak ada gunanya.Hehehe
Semoga bermanfaat...



Source : berbagai sumber

0 comments:

Post a Comment

makasih nih udah berkunjung,ngomen ya,hehehe biar jadi makin deket

Related Posts with Thumbnails

Blog Stats

Health BlogsTopOfBlogsHealth Blogs - Blog Rankings