January 17, 2010

Home » , , , » Fertilization and Pregnancy

Fertilization and Pregnancy

FERTILISASI

sel sperma memasuki tubuh wanita saat berhubungan seksual.Jika sperma membuahi sebuah sel telur,kehidupan baru dimulai.Sperma dan sel telur mengandung bahan genetik yang bersatu melalui reproduksi seksual untuk menyediakan instruksi-instruksi bagi perkembangan janin.
Semen seorang pria mengandung sekitar 300 juta sperma.Sperma berenang mencari sebuah sel telur.Hanya 50-15 sperma mencapai sel telur dalam perjalannya menyusuri tabung fallopi.Dari sejumlah sperma itu,hanya satu yang akan membuahi sel telur.

proses pembuahan

Sel telur yang baru dilepaskan harus dibuahi dalam waktu 24-48 jam.Terkadang sel telur yang baru dibuahi membelah sehingga menghasilkan kembar identik.Seorang bayi biasanya lahir 40 minggu setelah fertilisasi.

Kepala sperma menembus membran zona pelusida sel telur dan ekornya terlepas.Inti sperma dan sel telur bergabung untuk membentuk zigot (sel telur yang dibuahi).Reaksi kimia terjadi di dalam sel telur yang membuat membran menjadi tebal untuk mencegah sperma lainnya memasuki sel telur.
Zigot membelah hingga terbentuk sekumpulan sel berbentuk bola,yang disebut morula.Morula kemudian berkembang menjadi blastosis berongga yang terisi cairan.Blastosis melekatkan diri pada lapisan dinding uterus tempatnya berkembang menjadi embrio.



KEHAMILAN dan KELAHIRAN

Bayi disebut embrio selama 8 minggu pertama kehamilan,yaitu saat organ - organ bagian dalam berkembang.Sekali pergerakan tercatat dan organ telah terbentuk,calon bayi itu disebut fetus.Tali pusar menghubungkan fetus dengan plasenta,suatu organ seperti spons yang melekat pada dinding rahim.Pada usia 16 minggu,wajah sudah terbentuk dengan baik dan pembuluh darah terlihat dibawah kulit setipis kertas.


 
fetus
Tahapan

a) 8 Minggu

Fetus dilindungi oleh cairan amnion dan mendapat makanan melalui tali pusar.Memiliki panjang 2,5 cm dan berat 2 gram.


b) 12 minggu

Kepala berukuran besar dibandingkan dengan tubuh.Kuku halus tumbuh pada jari kaki dan tangan.Mata tertutup,32 tunas gigi permanen berkembang.Panjangnya 7,5 cm dan beratnya 18 gram


c) 16 minggu

Tubuh fetus diselaputi oleh rambut-rambut halus.Organ genital luar terlihat.Gerakan kadang terasa sejak usia ini.Memiliki panjang 16 cm dan berat 140 gram.

Bayi dilahirkan setelah sekitar 40 minggu berada di dalam rahim.Si bayi menempatkan kepalanya dulu di dalam rahim,dengan sedikit ruang gerak.

bayi
Source : berbagai sumber

0 comments:

Post a Comment

makasih nih udah berkunjung,ngomen ya,hehehe biar jadi makin deket

Related Posts with Thumbnails

Blog Stats

Health BlogsTopOfBlogsHealth Blogs - Blog Rankings