January 17, 2010

Home » , , , » Sistem Reproduksi

Sistem Reproduksi

Untuk menjaga kelangsungan hidupnya,manusia perlu bereproduksi.Sejak usia remaja,sistem reproduksi pria dan wanita telah menghasilkan sel - sel kelamin.Sel - sel kelamin pria dan wanita bergabung melalui reproduksi seksual untuk membentuk kehidupan baru.


Sistem Reproduksi Pria

Kelenjar kelamin pria disebut testis ( testikel ).Organ ini menghasilkan sel-sel kelamin yang aktif bergerak( spermatozoa atau sperma ).Sel-sel tersebut melewati 2 tabung yaitu vas deferens dan epididimis,untuk mencapai penis.Kelenjar-kelenjar seperti prostat dan vesikel seminal mensekresi cairan yang menyediakan makanan bagi sperma.

Organ-organ utama sistem reproduksi pria,testes dan penis,terletak diluar tubuh.Kelenjar prostat terbungkus disekitar uretra diantara kantung urine dan penis.Penis berfungsi sebagai sistem uriner dan reproduksi.

bentuk sperma

Dibagian tengah sel sperma,antara kepala oval dan ekor mirip cambuk terdapat struktur pembangkit energi yang disebut mitokondria.Struktur ini membantu sperma bergerak disepanjang sistem reproduksi wanita.Seorang laki-laki dewasa menghasilkan sekitar 500 juta sperma per hari.Sperma memiliki panjang sekitar 0,05 mm,dan membutuhkan waktu sekitar 10 minggu untuk matang,benda ini pun berenang dengan kecepatan sekitar 3 mm per jam.Setiap testis menghasilkan sekitar 1.500 sperma per detik.

Testes tergantung diluar badan,testes dijaga suhunya beberapa derajat lebih rendah dari suhu badan.Ini penting bagi produksi sperma.Testes juga menghasilkan testosteron,hormon yang mengendalikan perkembangan pria.Testes mengandung sekitar 1.000 tubulus seminiferus tempat dihasilkannya sperma.Sperma dipelihara oleh sel-sel khusus,sebelum melewati epididimis yang berkelok-kelok untuk pematangan.Disini,sperma disimpan hingga saatnya diperlukan.




Sistem Reproduksi Wanita

Kelenjar kelamin wanita adalah ovarium.Organ ini menghasilkan sel - sel kelamin yang disebut ovum/sel telur.Biasanya,satu sel telur dilepaskan setiap 28 hari selama siklus menstruasi.Telur tersebut melalui satu dari 2 tabung fallopi menuju uterus/rahim.Jika sel telur dibuahi oleh sperma,sel telur ini akan tertanam di dinding uterus.Jika tidak terbuahi,sel telur dan lapisan dinding uterus akan luruh sebagai menstruasi.
Organ reproduksi wanita terletak di dalam pelvis.Pada ujung bawah uterus ada jalan masuk sempit/serviks menuju vagina.Pada ujung atas uterus ada 2 pintu masuk menuju tabung fallopi.Ujung tabung fallopi melebar untuk melingkupi ovarium dan menangkap sel telur.


Uterus


Uterus yang ukuran normalnya sekepalan tangan merupakan organ berbentuk buah pir dengan dinding otot yang tebal.Selama kehamilan,volume uterus dapat melebar hingga 1000 kali lipat untuk menampung janin yang tumbuh.
Pada ovarium,sel telur menjadi matang di dalam folikel berisi cairan.Sekali sebulan,satu folikel tumbuh dan pecah melepaskan sel telurnya.Sebuah sel telur dikelilingi oleh sel-sel folikel dan suatu membran/zona pelusida.Diameter sel telur 0,1- 0,2 mm,50 kali lebih lebar daripada kepala sperma.

Siklus menstruasi pada wanita dikendalikan oleh kelenjar pituitari.Kelenjar ini menghasilkan hormon yang merangsang ovarium untuk menghasilkan estrogen dan progesteron,dan memicu dilepaskannya sebuah sel telur.Pada saat yang sama,lapisan dinding rahim mengalami perubahan.


Source : berbagai sumber.

0 comments:

Post a Comment

makasih nih udah berkunjung,ngomen ya,hehehe biar jadi makin deket

Related Posts with Thumbnails

Blog Stats

Health BlogsTopOfBlogsHealth Blogs - Blog Rankings