August 03, 2010

Home » , , » Puasa dan Kesehatan

Puasa dan Kesehatan

Bentar lagi puasa nih,buat yang beragama Islam udah jadi kewajiban untuk menjalankannya selama sebulan penuh.Kalo nggak mau,nanti dosa dong.Selama ini alasan kita melakukan puasa di Bulan Ramadhan mungkin hanya karena sebatas perintah agama,di al-qur’an tertulis,Rasulullah pun melaksanakannya,tapi temen – temen tau nggak sih,di balik kewajiban berpuasa itu ada manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh kita lho…Bukan hanya Shalat saja rupanya yang bermanfaat bagi kesehatan.Hmmm,mau tau lebih lanjut?cek deh yang di bawah ini.



Apa sih Puasa itu?Puasa adalah menahan diri untuk tidak makan, minum, dan melakukan perbuatan-perbuatan lain yang membatalkan puasa dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari.
Puasa dapat mencegah penyakit yang timbul karena pola makan yang berlebihan. Makanan yang berlebihan gizi belum tentu baik untuk kesehatan seseorang. Kelebihan gizi atau overnutrisi mengakibatkan kegemukan yang dapat menimbulkan penyakit degeneratif seperti kolesterol dan trigliserida tinggi, jantung koroner, kencing manis (diabetes mellitus), dan lain-lain.



Pengaruh mekanisme puasa terhadap kesehatan jasmani meliputi berbagai aspek kesehatan, diantaranya yaitu :

1. Manfaat bagi Kesehatan Badan (jasmani). Tidak seorang pun ahli medis baik muslim maupun non muslim yang meragukan manfaat puasa bagi kesehatan manusia. Dalam buku yang berjudul ''Pemeliharaan Kesehatan dalam Islam'' oleh Dr Mahmud Ahmad Najib (Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Ain-Syams Mesir), ditegaskan puasa sangat berguna bagi kesehatan. Antara lain :


a) Puasa memperkecil sirkulasi darah sebagai perimbangan untuk mencegah keluarnya keringat dan uap melalui pori-pori kulit serta saluran kencing tanpa perlu menggantinya. Menurutnya curah jantung dalam mendistribusikan darah keseluruh pembuluh darah akan membuat sirkulasi darah menurun. Dan ini memberi kesempatan otot jantung untuk beristirahat, setelah bekerja keras satu tahun lamanya. Puasa akan memberi kesempatan pada jantung untuk memperbaiki vitalitas dan kekuatan sel-selnya.


b) Puasa memberi kesempatan kepada alat-alat pencernaan untuk beristirahat setelah bekerja keras sepanjang tahun. Lambung dan usus beristirahat selama beberapa jam dari kegiatannya, sekaligus memberi kesempatan untuk menyembuhkan infeksi dan luka yang ada sehingga dapat menutup rapat. Proses penyerapan makanan juga berhenti sehingga asam amoniak, glukosa dan garam tidak masuk ke usus. Dengan demikian sel-sel usus tidak mampu lagi membuat komposisi glikogen, protein dan kolesterol. Disamping dari segi makanan, dari segi gerak (olah raga), dalam bulan puasa banyak sekali gerakan yang dilakukan terutama lewat pergi ibadah.


c) Membersihkan tubuh dari racun dan kotoran (detoksifikasi). Dengan puasa, berarti membatasi kalori yang masuk dalam tubuh kita sehingga menghasilkan enzim antioksidan yang dapat membersihkan zat-zat yang bersifat racun dan karsinogen dan mengeluarkannya dari dalam tubuh.


d) Menambah jumlah sel darah putih. Sel darah putih berfungsi untuk menangkal serangan penyakit sehingga dengan penambahan sel darah putih secara otomatis dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.


e) Menyeimbangkan kadar asam dan basa dalam tubuh,


f) Memperbaiki fungsi hormon, meremajakan sel-sel tubuh,


g) Meningkatkan fungsi organ tubuh



2. Manfaat bagi Kesehatan Rohani (Mental). Perasaan (mental) memegang peranan penting dalam kehidupan manusia. Mendapat rasa senang, gembira, rasa puas serta bahagia, merupakan tujuan bermacam-macam ikhtiar manusia sehari-hari.
Bila seseorang menangani gangguan kesehatan, tidak boleh hanya memperhatikan gangguan badaniah saja, tetapi sekaligus segi kejiwaan dan sosial budayanya. Rohani datang dari Allah, maka kebahagiaan hanya akan didapat apabila makin dekat kepada pencipta-Nya.


3. Manfaat Puasa bagi hubungan sosial. Dalam mengajarkan nilai ibadah itu adalah terwujudnya keseimbangan antara cinta kepada Allah dan cinta kepada manusia. Demikian juga nilai ibadah puasa, tidak hanya terjalinnya hubungan yang semakin dekat kepada Allah, tetapi juga semakin dekat dengan sesamanya


Disunahkan agar berbuka puasa diawali dengan makan buah kurma, atau dengan buah-buahan dan minuman yang manis seperti madu. Ajaran ini mengandung makna kesehatan karena buah-buahan dan minuman yang manis merupakan bahan bakar siap pakai yang dapat segera diserap oleh tubuh untuk memulihkan tenaga setelah seharian tubuh tidak disuplai oleh makanan dan minuman. Glukosa yang terkandung di dalam buah-buahan dan minuman yang manis merupakan sumber energi utama bagi sel-sel tubuh. Glukosa efektif dibutuhkan ketika tubuh memerlukan masukan energi yang diperlukannya.

perbanyak makan-makanan yang
mengandung serat
selama puasa

Anjuran sahur bukan semata-mata untuk mendapatkan tenaga yang prima selama menunaikan ibadah puasa, melainkan juga mengandung makna bahwa puasa perlu persiapan agar selama berpuasa produktivitas kerja dan aktivitas sehari-hari tidak terganggu.

Pada waktu buka puasa dan sahur suplai gizi perlu diusahakan memenuhi unsur-unsur yang dibutuhkan tubuh, meliputi enam jenis zat gizi yaitu karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan air. Pentingnya keseimbangan gizi sering kurang disadari karena hasilnya tidak terlihat langsung. Seseorang yang kekurangan zat gizi tertentu sama bahayanya dengan mereka yang kelebihan gizi tertentu. Makan yang seimbang baik dalam porsi maupun gizi akan mempengaruhi susunan saraf pusat dan kondisi biokimia tubuh. Makan yang seimbang adalah makan yang tidak kekurangan tetapi juga tidak berlebihan, yang disesuaikan dengan usia, kualitas dan kuantitas gerak serta kondisi tubuh.



Dr. Alan colt dari USA , mengemukakan manfaat puasa :

  • Fisik lebih baik,
  • Batin atau rohani terasa bersih,
  • Tekanan darah dan kadar kolesterol terkontrol,
  • Nafsu sexual terkendali
  • Mengendurkan ketegangan
  • Menajamkan perasaan
  • Mampu menguasai diri
  • Menghambat proses penuaan
  • Meningkatkan daya tahan tubuh



Didalam Al –qur’an dan hadist sendiri begitu banyak ayat yang menganjurkan untuk berpuasa,beberapa diantaranya :

“Berpuasalah kamu supaya kamu sehat “(Al-Hadist)
“ Dan makan minumlah, dan jangan berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tdk menyukai orang yg berlebih-lebihan” (QS. 7 :31)
“Kami(adalah umat) yg makan hanya bila kami merasa lapar, dan bila makan, kami tiadalah sampai kenyang” (Al-Hadist)
“Perut ini adalah rumah segala penyakit dan penjagaan atas makanan adalah permulaan pengobatan. Permulaan segala penyakit adalah mengisi perut berlebih-lebihan“(Al-Hadist)
.
Pada beberapa orang, ketika sedang melaksanakan puasa,mempunyai keluhan seperti merasa lemas dan lesu atau stamina menurun, juga gangguan pencernaan seperti perut kembung dan gangguan lambung. Beberapa bahan pangan tertentu seperti madu, jahe, kencur, temu lawak, dan bahan-bahan lainnya dapat digunakan untuk mengatasi stamina menurun, kembung, dan gangguan lambung pada saat puasa.


Berikut beberapa bahan alami yang dapat digunakan agar puasa tetap fit dan segar :


1.MADU


Khasiat : meningkatkan stamina serta mempertahankan stabilitias tubuh agar tetap sehat dan bugar, melancarkan proses metabolisme, untuk kecantikan dan awet muda, mencegah gangguan pencernaan, dan lain-lain




2.KURMA

Khasiat : meningkatkan stamina dan energi, mencegah & mengatasi anemia (kurang darah), melancarkan pembuangan, sebagai penenang (merileksasi sel otot tubuh yang tegang), mencegah pendarahan rahim.




3.JAHE (Zingiber officinale Rosc.)

Khasiat : meningkatkan stamina, mengatasi perut kembung, masuk angin, mual, muntah, sakit kepala, pusing, demam, dan lain-lain






4.TEMU LAWAK (Curcuma xanthorrhiza)

Khasiat : kolesterol tinggi, meningkatkan stamina tubuh/tonikum, kurang darah, radang lambung/maag, perut kembung, dan lain-lain.






5.KENCUR (Kaempferia galanga)

Khasiat : meningkatkan stamina tubuh, menghilangkan bau mulut, radang lambung, kembung, mual, muntah, masuk angin, dan lain-lain.





6.Ubi Jalar Merah (Ipomoea batatas)



Khasiat : perut kembung, peluruh kentut, masuk angin, gangguan lambung





7.KUNYIT (Curcuma domestica Val.)



Khasiat /efek ; radang lambung, memperlancar pengeluaran empedu sehingga mengurangi perut kembung, mual, dan rasa begah di perut.






8.KAPULAGA (Amomum cardamomum)


Khasiat : untuk radang lambung, mual, muntah-muntah, perut sebah dan kembung.





9.Kayu Manis (Cinnamomum burmanii)



Khasiat : untuk radang lambung, mual, muntah-muntah, perut sebah dan kembung.






Source : berbagai sumber

6 comments:

Heri Fauzan Suheri said...

Marhaban ya Ramadahan, semoga bulan puasa ini bisa jadi lebih bermakna sari bulan puasa yang telah lalu...

Jasmine said...

heri : ia ka,amin :)

exort said...

Puasa memang baik untuk kesehatan, mari sambut bulan Ramadhan dengan penuh cita

Jasmine said...

@aditya : amin amin ka,maksh dah berkunjung
@Exort : ia ka :)
@Arai : hihihi,kumpul bareng,makanan khas and angpao nya

j4j said...

Bulan puasa tar lagi ya...g kerasa...!!!
Slm kenal mbak, langsung ijin follow...hehehe!!!
Klo boleh tau, "kapulaga" itu apa ya???:D:D

Jasmine said...

Pojok : kalo bisa sih setiap bulan,hehe
j4j : iya nih,silahkan,hehe.Kapulaga itu nama salah satu rempah yang biasa di pakai untuk bumbu masakan,untuk lebih jelasnya silahkan tanya mamah anda,haha

Post a Comment

makasih nih udah berkunjung,ngomen ya,hehehe biar jadi makin deket

Related Posts with Thumbnails

Blog Stats

Health BlogsTopOfBlogsHealth Blogs - Blog Rankings