August 17, 2010

Home » , , » Air Zam - Zam Tercemar?

Air Zam - Zam Tercemar?

Setelah  beberapa hari sempet males ngeblog ( mungkin gara - gara bawaan orang puasa pengen tidur mulu kali yah,hehe ),aku liat UV merosot drastis,huaaa mimpi buruk...emang sih sebelumnya juga nggak terlalu banyak,tapi kalo belum apa - apa udah menurun begini,apa kata dunia?? Hehe...


Apa sih Air Zamzam?Ngapain sih ngeposting soal air zamzam?Kenapa nggak di blog yang niche nya SKI ( sejarah kebudayaan Islam ) aja??Haduuh, Udah deh mendingan baca dulu,selain ada info terbaru soal benda cair sarat manfaat ini,sekalian juga aku mau ngingetin umat Muslim yang udah  mulai suka mandi di tempat - tempat tertentu yang di percaya bisa mendatangkan banyak berkah ( padahal musyrik )

air zamzam
Well,air zamzam itu adalah air yang berasal dari mata Surga ( Maa’ul Jannah ).Merupakan pemberian Allah atas doa Nabi Ibrahim as yang dikabulkan.Penentu hidup dan perkembangan kota Mekkah Al-Mukarromah. Bukti nyata eksistensi Allah swt di Tanah Suci.Menjadi nikmat agung serta membawa manfaat besar pada Masjidil Haram.Air terbaik yang ada di muka bumi.Terjadi melalui perantara Malaikat Jibril as.Berada di tempat paling suci di dunia.Air yang dipergunakan untuk mencuci kalbu Rasulullah saw lebih dari satu kali.Rasulullah saw memberkatinya dengan air ludah beliau yang suci.Air yang berfungsi sebagai makanan (mengenyangkan) sekaligus obat untuk penyembuh segala macam penyakit.Dapat menghilangakan pusing kepala.Barang siapa melihatnya, insya Allah penglihatannya akan menjadi lebih tajam.Jika diminum dengan niat kebaikan, maka Allah swt akan mengabulkan sesuai niatnya.Keinginan untuk mengetahui seluk-beluk air Zam-zam merupakan tanda keimanan dan terbebas dari sifat nifaq (munafik).Air minum untuk orang-orang yang baik.Menjadikan badan kuat.Tidak akan pernah habis walau selalu diambil.Telah ada sejak 5.000 tahun yang lalu, sehingga menjadi sumur tertua di muka bumi. Di Masjidil Haram di Mekkah Al-Karromah, air Zam-zam bertebaran di halaman serta di dalam Masjidil Haram, diperbolehkan mengambil air Zam-zam dengan mengisikannya kedalam botol atau tempat air untuk dibawa pulang.


tempat pengambilan air zam - zam
Kandungan mineral
Tidak seperti air mineral yang umum dijumpai, air Zamzam ini memang unik,mengandung elemen-elemen alamiah sebesar 2000 mg perliter. Biasanya air mineral alamiah (hard carbonated water) tidak akan lebih dari 260 mg per liter. Elemen-elemen kimiawi yang terkandung dalam air Zamzam dapat dikelompokkan menjadi

Yang pertama, positive ions seperti misal sodium (250 mg per litre), calcium (200 mg per litre), potassium (20 mg per litre), dan magnesium (50 mg per litre).

Kedua, negative ions misalnya sulphur (372 mg per litre), bicarbonates (366 mg per litre), nitrat (273 mg per litre), phosphat (0.25 mg per litre) and ammonia (6 mg per litre).



Molekul air zam zam

Kandungan-kandungan elemen-elemen kimiawi inilah yang menjadikan rasa dari air Zamzam sangat khas dan dipercaya dapat memberikan khasiat khusus. Air yang sudah siap saji yang bertebaran disekitar Masjidil Haram dan Masjid Nabawi di Madinah merupakan air yang sudah diproses sehingga sangat aman dan segar diminum, ada yang sudah didinginkan dan ada yang sejuk (hangat). Namun konon prosesnya higienisasi ini tidak menggunakan proses kimiawi untuk menghindari perubahan rasa dan kandungan air ini.



KEISTIMEWAAN AIR ZAM ZAM :


1. Meminum Air zam zam menjadi satu amalan ibadah, dengan niat mengikuti anjuran Rasulullah.

2. Diriwayatkan oleh Abdullah ibnu Abbas, Aku pernah menyiapkan air zam zam untuk Rasulullah, kemudian beliau meminumnya sambil berdiri.

3. Makruh hukumnya apabila dipergunakan untuk mencuci najis, atau dipakai untuk membersihkan hadast besar.

4. Disunahkan membawa air zamzam pulang ke negerinya bagi jamaah (penunai rukun Islam ke lima) yang memang berasal dari luar Negara Arab, dan Rasullulullah adalah orang pertama yang membawanya keluar kota Mekkah, yaitu ke Madinah.

5. Mata Airnya tidak pernah kering, meskipun berjuta-juta umat manusia meminumnya setiap hari terutama pada musim ibadah “H”, bahkan sekarang dengan peralatan canggih, orang yang di Masjid Nabawi (Madinah) yg berjarak 450 Km dari Mekah meminum air zam zam setiap saat.

6. Pada waktu Rasululullah akan melakukan Sa’I, beliau meminum air zam zam sampai kenyang, kemudian menyiram kepalanya dengan air zam zam.

7. Banyak orang mengguyur dan membasahi kain (baju) ihram, kemudian direntang tanpa diperas agar kering sendiri, dan akan dipakai sebagai ‘Kafan” ( pembungkus mayat) kalau meninggal nanti.


air zam - zam dalam kemasan


Namun,memasuki bulan Ramadhan tahun ini, umat muslim dikejutkan dengan adanya peringatan bahaya bahwa air suci Zam Zam dalam kemasan mungkin telah tercemar oleh zat arsenik.
Dewan Kota Leicestershire, Inggris, mengatakan air Zam Zam yang berasal dari Arab Saudi dinilai ilegal sehingga memiliki kemungkinan mengandung zat arzenik dan nitrat berkadar tinggi. Pernyataan itu dikemukakan dua hari sebelum Ramadan tiba saat semua umat muslim bersiap menjalani ibadah puasa selama satu bulan.
Air Zam Zam yang dianggap suci oleh umat Islam berasal dari sebuah sumber mata air di Arab Saudi. Air itu tidak diekspor dan diperjualbelikan secara komersil, tapi hanya dapat dibeli dan dikonsumsi di Arab Saudi. Maka itu, bila menemukan air Zam Zam yang dikemas dalam botol, belum tentu itu adalah air Zam Zam asli dan mungkin dapat membahayakan kesehatan. Peringatan yang sama juga telah dikeluarkan oleh Badan Standardisasi Makanan (FSA) sejak beberapa tahun lalu tentang kekhawatiran kandungan nitrat dan arsenik yang berlebih.
Hukuman bagi pemalsuan air Zam Zam yakni dua tahun penjara dan denda sekitar US$31 ribu. Kepala Perdagangan Dewan Kota Leicestershire David Bull mengatakan, "Badan Standardisasi Makanan telah melakukan uji coba yang hasilnya menunjukkan bahwa beberapa air Zam Zam yang dijual di Inggris atau dibawa ke Inggris secara personal mengadung zat arsenik tiga kali lipat lebih tinggi dari batasan normal." Maka itu, ia pun mengimbau kepada wargaya untuk segera melapor kepada pihaknya bila mengetahui ada yang memperjualbelikan air Zam Zam di Inggris.

Source : berbagai sumber

5 comments:

Puskel said...

Sumber yang murni perlu dijaga keasriaannya agar tidak tercemar oleh bahan yang merusak kesehatan. ;:)

Bryant said...

orang-orang tu ada-ada aja, apa kurang kerjaan kali ya sampe malsu air zam-zam ?? :|

j4j said...

masih banyak (dan akan terus bertambah) tangan2 tidak bertanggung jawab, yg rela melakukan apa saja untuk meraih untung, termasuk memalsukan air zam-zam...!!! mesti hati2...!!!
:-o

Halaman Samping-nya Inung Gunarba said...

Bisa jadi tercemar dari botol plastiknya, mungkin juga karena unsur material di pabrik botol. Apalagi kalau ada unsur arsenik, wadhuh... :)

Jasmine said...

Tusuda : setuju ka,mksh atas kunjungannya
PUskel : bner banget tuh,makannya kita musti waspada
Bryant : pengen cari keuntungan besar,segala cara di halal kan.
j4j : wih semangat banget nih abang!Oke setujuuu
HAlaman samping : ia bisa juga mas..

Post a Comment

makasih nih udah berkunjung,ngomen ya,hehehe biar jadi makin deket

Related Posts with Thumbnails

Blog Stats

Health BlogsTopOfBlogsHealth Blogs - Blog Rankings