February 07, 2010

Home » , » Tips Merawat Mata

Tips Merawat Mata

Berikut adalah tips untuk merawat mata agar tetap sehat dan terlihat cantik :


membaca dengan pencahayaan buruk
tidak baik untuk mata
1) Hindari menatap terus - menerus terutama pada objek dengan jarak yang jauh.Suatu hal yang baik jika mengejap - ejapkan mata atau memberi istirahat pada mata,juga jangan membaca,menulis atau bekerja yang menggunakan mata dengan sinar yang tidak tepat.Jika cahaya tidak cukup,istirahat sejenak dan istirahatkan mata jika rasa berat atau kelelahan terasa pada mata.


2) Bangunlah sebelum matahari terbit


3) Tidak tidur pada malam hari dan tidur setelah matahari terbit dapat membayakan mata.Jika begadang tidak dapat dihindari,minumlah secangkir air setiap setengah jam.


4) Makan kubis dan wortel sangat bermanfaat untuk mata.


 
tertiup angin
5) Lindungi mata dari debu,asap,terik cahaya matahari dan angin yang kencang.Hindari berada lama dalam keadaan seperti itu.Jika tidak dapat,kejap - kejapkan mata dan pijat dengan lembut mata yang terpejam dengan telapak tangan.





madu

6) Teteskan setetes madu,di setiap mata satu kali seminggu juga bermanfaat pada mata karena dapat membersihkan mata.




 
7) Satu latihan yang mudah adalah menggerakkan bola mata ke segala arah ( kanan,kiri,atas dan bawah ) putar searah jarum jam dan berlawanan.Latihan mata teratur membantu menjaga penglihatan yang sempurna.

menggerakkan bola mata

8) Gosok kedua telapak tangan selama 30 detik dan letakkan dengan lembut telapak tangan yang hangat pada mata yang terpejam.


9) Satu sendok teh bubuk triphala,masukkan dalam segelas air dan diamkan semalam,pada pagi harinya saring airnya dan basuhlah mata dengan air tersebut.


10) Karena sembelit dapat melemahkan penglihatan teratur dan bersih,mengeluarkan hajat besar dan harus dijaga.


pentingnya minum


11) Setiap pagi setelah bangun tidur,isi mulutmu dengan air,pejamkan mata dan perciki mata sekitar 10 hingga 15 menit.Mata tidak boleh dibasuh dengan air panas.






 
12) Mata dan wajah tidak boleh dibasuh jika badan sedang berkeringat.Terutama setelah melakukan latihan fisik yang berat atau setelah terjemur matahari dan panas.


Source : bebagai sumber

0 comments:

Post a Comment

makasih nih udah berkunjung,ngomen ya,hehehe biar jadi makin deket

Related Posts with Thumbnails

Blog Stats

Health BlogsTopOfBlogsHealth Blogs - Blog Rankings