February 19, 2010

Home » , , , » Polip

Polip

POLIP HIDUNG

Polip hidung adalah suatu pertumbuhan dari selaput lendir hidung yang bersifat jinak.Polip hidung bukan penyakit yang murni berdiri sendiri.Pembentukannya sangat terkait erat dengan berbagai problem THT lainnya seperti rintis alergi,asma,radang kronis pada mukosa hidung,sinus paranasal,kista fibrosis,intoleransi pada aspirin,dll.





Dari studi dan pengamatan medis,baru ditemukan ada sejumlah faktor yang memudahkan pemunculan benjolan itu.Antara lain radang kronis yang berulang pada mukosa hidung dan sinus paranasal,gangguan keseimbangan vasomotor,peningkatan cairan interstitial serta oedema ( pembengkakan ) mukosa hidung.

Polip biasanya tumbuh di daerah dimana selaput lendir membengkak akibat penimbunan cairan,seperti daerah di sekitar lubang sinus pada rongga hidung.Ketika baru terbentuk,sebuah polip tampak seperti air mata dan jika telah matang,bentuknya menyerupai buah anggur yang berwarna keabu - abuan.

Gejala polip biasanya ditandai dengan hidung tersumbat,hidung berair,sakit kepala,demam atau sakit bila ditekan.Dari pemeriksaan akan tampak pembengkakan di dalam hidung.Jika dibiarkan,polip dapat menutup rongga hidung dan menimbulkan komplikasi.



PENYEBAB dan PROSES TERJADINYA POLIP

Faktor alergi dan infeksi menyebabkan radang berulang sehingga terjadinya pembengkakan di mukosa hidung.Makin lama penonjolan mukosa hidung bertambah panjang,sampai terbentuk tangkai.Itulah proses terjadinya polip.Orang yang memiliki alergi atau sinusitis beresiko lebih besar terkena polip.

Sinusitis sebagai akibat munculnya polip terjadi karena cairan tidak bisa keluar dari rongga hidung dan tertahan.Endapan cairan itu menjadi area yang cocok untuk berkembangnya kuman penyakit.Kondisi itulah yang mengakibatkan peradangan pada sinus atau yang lebih dikenal dengan sinusitis.


 
Merusak Tulang Wajah

Polip dibagi menjadi tiga gradasi,yaitu :

Gradasi 1 : Polip hanya tampak dengan pemeriksaan endoskopi karena tumbuh kecil sekali.

Gradasi 2 : Umumnya polip sudah agak besar,tetapi belum bisa dilihat dengan mata telanjang meski dapat dilihat dengan alat THT sederhana,seperti spatula hidung.

Gradasi 3 : Polip tampak sudah besar,bahkan jika dilihat dari luar terlihat memenuhi hidung.

Yang paling fatal adalah yang merusak mata dan menyebabkan radang otak atau meningitis.Meski jarang terjadi,polip juga bisa merusak struktur tulang muka penderitanya,karena polip menekan tulang wajah dalam waktu lama.




POLIP RAHIM = TUMOR JINAK


Tidak hanya terjadi di bagian hidung,polip juga dapat timbul di bagian lain tubuh,seperti di serviks atau rahim.Polip serviks adalah benjolan yang berasal dari jaringan di daerah mulut rahim.Bentuknya seperti jari,berwarna merah dan kenyal atau solid.Polip serviks tergolong tumor yang sifatnya jinak.Polip serviks tidak sama dengan kanker serviks.




POLIP USUS BESAR

Satu lagi polip yang terbilang banyak menyerang manusia.Terhitung sekitar 30 percent pria dan wanita diatas usia 30 tahun mempunyai polip di ususnya.Meski sebagian besar polip pada usus ini tidak berbahaya,pada beberapa kasus,dapat menjurus menjadi kanker.Kanker usus merupakan salah satu jenis kanker dengan jumlah kematian yang cukup banyak.Karena itu polip ini sebaiknya disingkirkan begitu diketahui berada dalam tubuh.


Source : berbagai sumber

1 comments:

zoomyadam said...

Mau Share Ya. Propolis merupakan solusi kesehatan untuk berbagai penyakit, termasuk polip, yg bekerja secara holistik. Propolis adalah zat yang dihasilkan oleh lebah sebagai obat dan pencegahan penyakit (seperti yang telah dinyataka dalam Q.S. An Nahl Ayat 69). Info tentang propolis dapat kunjungi obatpropolis.com

semoga bermanfaat
Rahmah

Post a Comment

makasih nih udah berkunjung,ngomen ya,hehehe biar jadi makin deket

Related Posts with Thumbnails

Blog Stats

Health BlogsTopOfBlogsHealth Blogs - Blog Rankings