February 07, 2010

Home » , , » Katarak

Katarak

Siapa pun,tak kenal status dan jenis kelamin,bisa terkena katarak.Umumnya gangguan pada lensa mata yang membuat penglihatan menjadi kabur ini menyerang orang lanjut usia atau usia di atas 60 tahun.Namun,tidak tertutup kemungkinan gangguan ini juga menyerang orang muda dan anak - anak.

Katarak adalah kekeruhan pada lensa mata yang mengakibatkan penglihatan menjadi kabur.Istilah katarak berasal dari bahasa Yunani yang berarti air terjun,karena orang yang menderita katarak memiliki penglihatan yang kabur,seolah - olah dibatasi air terjun.Pada mata sehat,lensa yang jernih berfungsi meneruskan sinar atau cahaya ke dalam mata,sehingga mata dapat memfokuskan objek dari jarak yang berbeda - beda.Sebaliknya pada penderita katarak,lensa mata yang keruh menyebabkan jalannya sinar berkurang atau terhambat,sehingga lensa tidak dapat memfokuskan sinar yang masuk.

Katarak disebabkan hidrasi ( penambahan cairan lensa ),denaturasi protein lensa,proses penuaan ( degeneratif ).Meskipun tidak jarang ditemui pada orang muda,bahkan pada bayi yang baru lahir sebagai cacat bawaan,infeksi virus ( rubela ) di masa pertumbuhan janin,genetik,gangguan pertumbuhan,penyakit mata,cedera pada lensa mata,peregangan pada retina mata dan pemaparan berlebihan dari sinar ultraviolet.Kerusakan oksidatif oleh radikal bebas,diabetes mellitus,rokok,alkohol dan obat - obatan steroid serta glaukoma ( tekanan bola mata yang tinggi ),dapat meningkatkan risiko terjadinya katarak.


 
GEJALA UTAMA

a) Penglihatan kabur
b) Daya penglihatan berkurang secara progresif
c) Adanya selaput tipis yang menghalangi pandangan
d) Sangat silau jika berada di bawah cahaya yang terang
e) Mata tidak sakit dan tidak berwarna merah
f) Pupil akan tampak berwarna putih ( ada putih - putih pada hitam mata )

Bila dibiarkan,katarak dapat menyebabkan komplikasi seperti glaukoma dan kebutaan,karena lensa yang keruh menghalangi pemeriksaan bagian dalam mata yang lain,seperti perubahan pada keadaan retina atau kerusakan saraf mata yang meneruskan perintah dari mata ke otak.




TIPE KATARAK

Meskipun umumnya terkait dengan usia lanjut,katarak dibedakan tipenya,seperti dirilis oleh National Eye Institute,AS


 
Katarak Sekunder

katarak dapat terbentuk setelah operasi mata karena masalah lain seperti glaukoma.Katarak juga dapat terjadi pada orang yang memiliki masalah kesehatan seperti diabetes.Kadang,katarak berhubungan dengan penggunaan steroid,zat terlarang yang biasa digunakan untuk menambah besar ukuran otot,kekuatan fisik,dan meningkatkan daya tarik fisik.




Katarak Radiasi


katarak juga bisa terjadi setelah terpapar beberapa jenis radiasi.




Katarak Kongenital


sebagian bayi lahir dengan katarak atau berkembang dengan katarak ketika kanak - kanak.Itu bisa terjadi pada kedua mata.Katarak ini bisa jadi hanya kecil sehingga tidak mempengaruhi penglihatan.Jika itu terjadi,kedua lensanya harus diangkat.





Katarak Traumatis


katarak dapat terbentuk menyusul luka mata,kadang - kadang terjadi setelah beberapa tahun kemudian.






Operasi merupakan satu - satunya tindakan untuk mengatasi katarak.Namun,jika kekeruhan lensa masih stadium ringan,cukup diatasi dengan pemakaian kacamata.

Biaya operasi katarak berbeda di tiap rumah sakit.Yang membedakan adalah jenis lensa yang digunakan.Pilihan harga lensa murah hingga mahal ditentukan oleh pasien.Untuk itu,disarankan sebelum operasi penderita katarak berkonsultasi dulu dengan dokter untuk memilih lensa yang tepat karena lensa akan dipakai sepanjang hidup.


Source : berbagai sumber

0 comments:

Post a Comment

makasih nih udah berkunjung,ngomen ya,hehehe biar jadi makin deket

Related Posts with Thumbnails

Blog Stats

Health BlogsTopOfBlogsHealth Blogs - Blog Rankings