January 12, 2010

Home » , , , » Penyakit Menular Seksual

Penyakit Menular Seksual

PMS adalah singkatan dari penyakit menular seksual dan merupakan penyakit yang sebagian besar menular lewat hubungan seksual dengan pasangan yang sudah tertular.
PMS disebut juga penyakit kelamin atau penyakit kotor.Namun itu hanya menunjuk pada penyakit yang ada di kelamin.Istilah penyakit menular seksual lebih luas maknanya,karena menunjuk pada cara penularannya.Tanda - tandanya tidak selalu ada di alat kelamin.


1) Gonorrhea atau kencing nanah


  • Gejala yang timbul pada perempuan antara lain : keluar cairan berwarna dan berbau dari vagina,alat kelamin terasa gatal atau sakit,sakit bila berhubungan seksual dan rasa sakit pada saat buang air kecil.Sedangkan gejala yang timbul pada laki - laki antara lain,sakit atau panas waktu buang air kecil,keluar cairan atau nanah dari penis,buah pelir bengkak,panas,merah,dan sakit.

2) Sifilis atau raja singa


  • Sifilis merupakan penyakit infeksi kronis yang menyerang ke pembuluh darah,dan bisa merusak syaraf,otak dan alat - alat dalam tubuh lain bahkan kulit.Penyakit ini juga bisa menularkan ke bayi dalam kandungan ibu bahkan bisa mengakibatkan penyakit mata,kulit,tulang atau kerusakan pada otak.

3) Herpes Kelamin


  • Gejala yang ditimbulkannya antara lain : muncul beberapa benjolan - benjolan berair,kecil - kecil dan banyak,yang akan pecah dan menimbulkan luka di alat kelamin.Benjolan tersebut akan terasa sakit dan akan muncul atau hilang seumur hidup tergantung kondisi kesehatan penderita karena bibit penyakit herpes ini berupa virus yang tidak bisa dimatikan dengan obat apapun.

4) Kutil


  • Disebabkan oleh Human Pappiloma Virus.Pertama kali kutil muncul,sangat kecil dan seperti mata ikan pada alat kelamin.Pada perempuan,biasanya pada mulut rahim dan bila dibiarkan akan bertambah besar dan berbentuk seperti bunga kol,atau jengger ayam pada sekitar kepala penis pada laki - laki.Pada perempuan,jika dibiarkan bisa berkembang menjadi kanker leher rahim.

5) Kutu


  • Kutu ini namanya Pitrus Pubis,muncul dan berdiam dirambut kelamin dan mencengkram kulit yang didiaminya.Gejalanya antara lain : timbul rasa gatal ditempat sekitar kutu berdiam.Jika digaruk,dapat timbul luka yang meningkatkan risiko tertular HIV/AIDS.


6) Hepatitis B


  • Penyebabnya adalah virus Hepatitis B.Gejalanya antara lain akan timbul rasa sakit dan merasa lelah selama 1 - 2 bulan,lalu muncul sakit kuning dan jika dibiarkan bisa menjadi kanker hati.




7) AIDS


  • Adalah penyakit yang disebabkan oleh virus.Virus tersebut merusak sistem kekebalan tubuh manusia,sehingga tidak dapat lagi melindungi tubuh terhadap serangan penyakit.Sebagai akibatnya,serangan penyakit yang tidak berbahaya pun dapat menyebabkan orang tersebut sakit parah dan akhirnya meninggal dunia.


PMS tidak dapat dicegah dengan :

- melihat bersih atau tidaknya pasangan kita
- minum obat atau suntik antibiotik secara rutin sebelum/sesudah berhubungan seks.
- mencuci alat kelamin sebelum atau sesudah hubungan seks
- minum jamu.

Seandainya kamu udah terlanjur kena PMS,baiknya segera periksakan ke dokter aja.Ada penanganan yang cukup baik untuk mengobati penyakitmu ini kok.Daripada terlambat,iya kan?
Tapi,emang sebaiknya gak usah mencicipi seks bebas deh,dengan begitu kemungkinan besar kamu enggak akan terserang penyakit - penyakit menyeramkan itu.Lagi pula,dosa loh!Hehe

Source : berbagai sumber

0 comments:

Post a Comment

makasih nih udah berkunjung,ngomen ya,hehehe biar jadi makin deket

Related Posts with Thumbnails

Blog Stats

Health BlogsTopOfBlogsHealth Blogs - Blog Rankings