January 28, 2010

Home » , , » Penyakit Wanita

Penyakit Wanita

Berikut adalah penyakit yang kerap kali menyerang kaum hawa :


1.Sistitis/radang kandung kemih

sistitis

Gejalanya yakni sering buang air kecil dan disertai rasa pedih.Cara mencegahnya dengan menghindari menahan kencing dan bersihkan organ intim dengan air bersih serta sering - sering lah berganti celana dalam.






2.Anemia


penderita anemia biasanya
memiliki kelopak bagian dalam
yang pucat
Gejala ditandai dengan keadaan atau kondisi lesu,lelah,letih,lemah,kurang bersemangat dan pucat.Cara mencegahnya,perbanyak makan sayur - sayuran yang mengandung zat besi seperti daun singkong,bayam,sawi hijau,kangkung dan kacang panjang.





3.Frigiditas


frigriditas
Gejalanya ditandai dengan kondisi wanita yang tetap dingin sekalipun mendapat rangsangan hebat,keadaan ini membuat wanita tidak dapat menikmati hubungan intim.Cara menanganinya yakni dengan berkonsultasi kepada psikiater dan jalani terapi untuk meredakan frigiditas.




4.Amenorea

beberapa wanita mengalami amenorea
Wanita usia subur akan mendapat haid secara teratur setiap bulannya.Namun terkadang ada yang 3 bulan lebih baru mendapat haid.Siklus haid yang tidak normal ini disebut Amenorea.Penyebabnya,menyusui,kontrasepsi dan menopause.Cara mengatasinya tergantung penyebab.



5.Keputihan


Gejalanya,keluar cairan putih dari organ kewanitaan yang berwarna kuning kehijauan,lengket,berbau dan gatal.Cara mencegahnya yakni,usahakan organ kewanitaan selalu dalam keadaan kering sebelum berpakaian dan gunakan pakaian dalam yang menyerap keringat.




6.Penurunan trombosit pada ITP

Kelainan pada sel pembekuan darah ditandai dengan bintik merah pada kulit hingga ruam kebiruan.Pemicu kekambuhan penyakit ini yaitu kecapean dan stres,untuk pencegahan hindarilah kecapean,bila sudah terasa letih sebaiknya istirahat,juga hindari stres.


7.Kanker Payudara

kanker payudara
Cara menghindarinya dengan tidak makan makanan berlemak,merokok,stres dan minuman beralkohol.Selain itu,perbanyaklah makan sayur,buah - buahan dan berolahraga secara teratur.





8.Osteoporosis

osteoporosis
Biasanya dialami oleh wanita pasca menopause,akibat berkurangnya hormon estrogen.Menurunnya kepadatan tulang membuat tulang mudah keropos.Cara pencegahanya dengan jalan kaki secara teratur
dengan kecepatan 4,5 km/jam selama 50 menit,5 kali seminggu dan perbanyak konsumsi kalsium.


9.Premenstruasi Sindrom

nyeri menjelang dan
saat menstruasi
Gejala muncul menjelang menstruasi,seperti sakit perut,pusing,payudara bengkak,badan lesu,mudah marah,nafsu makan menurun dan kaki terasa berat.Cara meminimalisir timbulnya keluhan beberapa hari menjelang menstruasi kurangi konsumsi garam dan soda juga lakukan diet dan olahraga rutin.




 

10.Kandungan Turun

ke hati - hatian saat
hamil perlu
ditingkatkan
Penyebab dasar panggul yang lemah atau sering melahirkan.Pencegahannya adalah jangan memaksa mengejan saat BAB dan hindari mengangkat barang yang terlalu berat.

0 comments:

Post a Comment

makasih nih udah berkunjung,ngomen ya,hehehe biar jadi makin deket

Related Posts with Thumbnails

Blog Stats

Health BlogsTopOfBlogsHealth Blogs - Blog Rankings