January 17, 2010

Home » , » Mengikis Lemak Tubuh

Mengikis Lemak Tubuh

Ada 5 strategi untuk mendapatkan berat badan ideal dan beberapa petunjuk praktis yang dapat digunakan untuk mengejar tujuan itu.


1) Ketahui rasio pinggang terhadap panggul dan presentasi lemak tubuh.Tentukan apakah anda benar - benar perlu membuang lemak dengan mengetahui berapa rasio pinggang terhadap panggul (WHR) dan persentasi lemak tubth.Pertama,ukurlah pinggang anda di ketinggian pusar dan pinggul anda di tulang pinggul.Bagi hasil pengukuran pinggul,itulah angka WHR anda.


Jika seorang wanita,WHR harus 0,8 atau kurang,jika pria,harus 1 atau kurang.Jika angka anda lebih tinggi,anda perlu membuang lemak walaupun anda tidak over weight,karena lemak tubuh bagian atas lebih berbahaya dibandingkan lemak ditubuh bagian bawah.
Jika anda wanita,persentasi lemak tubuh harus 20-30 %,jika pria 15-25 %.Anda dapat mengukur persentasi lemak tubuh di klub kesehatan atau dengan bantuan ahli gizi.


2) Belajar makan secara berbeda.Buatlah catatan ukuran porsi yang biasanya anda makan.Kemudian kurangi porsi itu.Kunyahlah dengan baik dan perlahan-lahan,sambil menikmati setiap gigitannya.Kurangi lemak,gula dan garam,dan tingkatkan kandungan serat.Pilihlah berbagai jenis makanan yang segar,bukan makanan olahan.Tiap sarapan pagi harus kira-kira sama ukurannya,demikian pula untuk makan siang dan malam.
Diet yang sempurna adalah diet yang tinggi,karbohidrat,sedang protein,dan rendah lemak.



Dapatkan 55% kalori dari karbohidrat kompleks,25 % dari protein ( pilih daging tanpa lemak ) dan 20 % dari lemak ( pilih lemak nabati dan gunakan sedikit saja ).
Menghitung kalori : tiap gram karbohidrat menghasilkan empat kalori,demikian pula tiap gram protei,tiap gram lemak menghasilkan 9 kalori.


3) Mulailah Berlatih.Gunakan petunjuk yang diberikan dalam bagian tentang latihan.Mulailah perlahan-lahan,tingkatkan secara bertahap.Lakukan pemanasan dan pendinginan.Kombinasikan latihan aerobik dan latihan beban dan peregangan.

latihan aerobik

4) Belajarlah berelaksasi.Latihlah relaksasi progresif dan teknik penurunan stres.Gunakan musik klasik atau musik suara alam jika anda suka,dan bentuk bayangan yang membuat anda senang dan relaks.Pilih waktu yang tepat setiap harinya untuk melakukan hal ini,sama seperti anda menyediakan waktu untuk makan dan berlatih.



5) Temukan sesuatu yang membuat anda tertarik dan kejarlah.Mungkin melukis,menulis,kerja sukarela,atau kerajinan tangan.Ini akan menjadi tempat penyaluran energi yang sehat,bukan ke arah makan dan gemuk,dan untuk mengembangkan kreativitas diri anda yang sesungguhnya.


melukis dapat membuat kita 'lupa' sejenak
tentang makan




TAKTIK BEBAS LEMAK


  • Menurunkan setengah sampai 1 kilogram setiap minggu.

  • Bayangkan anda membuang lemak dalam tubuh sedikit demi sedikit.

  • Jangan terlalu terobsesi menghitung kalori.Jangan takut,tetapi akrabkan diri anda dengan makanan yang ada di dalam daftar diet.

  • Kalahkan kecanduan anda terhadap donat,coklat dan es krim.

  • Makanlah banyak serat,karena sebagian besarnya tidak tercerna.

  • Makan cukup gizi dan nutrisi sesuai kegiatan anda sehari-hari.

  • Hindari lemak yang tidak diperlukan seperti melapisi ikan atau ayam dengan putih telur,melapisi roti gandum lengkap dengan mentega sebelum memanggang.

  • Rempah-rempah yang panas dapat meningkatkan metabolisme anda.Yang berarti pembakaran lemak lebih cepat.Coba juga mustard,chili peppers dan kari.

  • Makan 3 kali sehari dengan proporsi karbohidrat:protein:lemak antara lain 55:25:20

  • Berbelanjalah saat anda kenyang.

  • Jangan gunakan elevator atau eskalator,tetapi gunakanlah tangga yang merupakan latihan yang baik untuk anda dan juga membakar lemak.

Source : berbagai sumber

2 comments:

Fanda said...

Berbelanja saat perut kenyang, benar sekali tuh. Sehingga kita gak akan lapar mata ya!

O ya, thanks info cara menghitung kalori dalam makanan. Itu yg aku cari2 nih. Soalnya susah mengukur kecukupan kalori kalo gak pake timbangan ya. Akan kuingat2 deh.

Anonymous said...

tapi ada yg bilang kalo diet tinggi protein rendah karbo tuh lebih baik..

Post a Comment

makasih nih udah berkunjung,ngomen ya,hehehe biar jadi makin deket

Related Posts with Thumbnails

Blog Stats

Health BlogsTopOfBlogsHealth Blogs - Blog Rankings