September 16, 2010

Home » , » Kanker - kanker yang Mematikan

Kanker - kanker yang Mematikan

Menurut Centers for Disease Control and Prevention, kanker adalah penyebab kematian no. 2 di Amerika setelah penyakit jantung. Kanker mempunyai kekuatan membunuh baik saat didiagnosa dini maupun baru dalam tahap perawatan .
Untuk membantu mengumpulkan dana bagi pengobatan dan perawatan pasien kanker. Stasiun-stasiun televisi seperti ABC, NBC, CBS, televisi kabel dan lain-lain mulai tanggal 10 September 2010 tiap jam 8 malam (waktu Timur Amerika Serikat) menayangkan acara “Stand Up to Cancer” . Acara telethon ini akan menampilkan sejumlah tamu selebriti termasuk George Clooney, Denzel Washington, Renee Zellweger dan Will Smith.


George Clooney




Denzel Washington





Renee Zellweger



Will Smith 


“Stand Up to Cancer” merupakan upaya kolaboratif” untuk menyediakan dana untuk penelitian kanker. Dr Len Lichtenfeld, Deputy Chief Medical Officer American Cancer Society (ACS), mengatakan bahwa ACS tidak akan bergerak leluasa jika ilmu dasar dan klinis tidak didanai. Ilmu dasar mengajarkan tentang mekanisme, bagaimana obat bekerja efektif, mengumpulkan dan memasukkan data dan informasi sebagai database klinik dalam pengobatan kanker.



Meskipun sekarang ada banyak perawatan yang berhasil, obat anti kanker masih dipertanyakan kefektifannya dengan berbagai alasan. Ada lebih dari 100 jenis kanker yang ditandai dengan pertumbuhan sel abnormal. Ada berbagai penyebab, mulai dari radiasi bahan kimia untuk virus dan tingkat kontrol setiap manusia yang berbeda terhadap agen penyebab kanker. Dalam beberapa kasus, sel-sel kanker tumbuh secara misterius dan tak terduga. Bahkan setelah perawatan tampaknya efektif, sel-sel kanker masih dapat bersembunyi di dalam tubuh beberapa pasien dan muncul lagi.
Sekitar US $ 200 miliar telah dihabiskan untuk penelitian kanker sejak awal 1970-an, dan tingkat kelangsungan hidup lima tahunan bagi orang yang didiagnosis menderita kanker di AS meningkat dari sekitar 50 persen pada tahun 1970-an menjadi 65 persen pada saat ini.
Menurut data terbaru National Cancer Institute (NCI), antara tahun 2003-2007 ada 10 jenis kanker yang menyebabkan kematian di Amerika Serikat :




1. Kanker Paru-paru dan Bronkial : 792.495 jiwa


kanker paru - paru
 Kanker paru-paru dan bronkial adalah kanker pembunuh nomor satu di Amerika Serikat. Penyebab utamanya adalah merokok dan penggunaan produk tembakau. Kanker ini paling sering menyerang orang yang berusia antara 55-65 tahun. Ada dua jenis utama kanker paru-paru yaitu kanker paru-paru non-sel kecil (paling umum) dan kanker paru-paru sel kecil (menyebar lebih cepat). Pada tahun 2010 diperkirakan lebih dari 157.000 orang akan meninggal karena kanker paru-paru dan bronkial .





2. Kanker Colon dan Rektum : 268.783 jiwa


kanker usus
Menurut National Cancer Institute, kanker usus besar tumbuh di jaringan usus besar, sedangkan kanker rektum tumbuh beberapa inci dari usus besar dekat anus, . Kebanyakan kasus dimulai dari sel jinak berupa gumpalan kecil atau disebut polip yang dari waktu ke waktu menjadi kanker. Menurut Mayo Clinic, Screening dianjurkan untuk menemukan polip sebelum menjadi kanker. pada tahun 2010 diperkirakan lebih dari 51.000 orang akan meninggal dunia karena Colorectal




3. Kanker Payudara : 206.983 jiwa


kanker payudara
 Menurut Mayo Clinic, Kanker payudara adalah kanker kedua yang paling umum pada wanita di Amerika Serikat setelah kanker kulit. Hal ini juga dapat terjadi pada pria dimana ada hampir 2.000 kasus yang menimpa pria antara tahun 2003-2008. Kanker biasanya terbentuk di dalam saluran yang membawa susu ke puting susu atau kelenjar yang menghasilkan susu pada wanita. Hampir 40.000 orang diperkirakan akan meninggal karena kanker payudara pada tahun 2010.







4. Kanker Pankreas : 162.878 jiwa



kanker pankreas
Kanker pankreas dimulai di jaringan-jaringan pankreas yang membantu pencernaan dan regulasi metabolisme. Deteksi dan intervensi awal sulit karena seringkali perkembangan sel kankernya sulit diduga dan cepat. Kanker pankreas diperkirakan menyebabkan kematian hampir 37.000 jiwa pada tahun 2010,







5. Kanker Prostat : 144.926 jiwa


kanker prostat
 Kanker ini merupakan penyebab utama kedua kematian pada pria, setelah kanker paru-paru dan bronkial. Kanker prostat biasanya mulai tumbuh perlahan-lahan di kelenjar prostat, yang memproduksi air mani untuk mengangkut sperma. Kanker prostat diperkirakan dapat menyebabkan kematian sekitar 32.000 orang pada tahun 2010.





6. Leukemia : 108.740 jiwa



Ada banyak jenis leukemia, tetapi semua mempengaruhi darah terutama jaringan pembentukan tubuh seperti sumsum tulang dan sistem limfatik. Dan mengakibatkan overproduksi dari sel darah putih yang abnormal. Jenis Leukemia diklasifikasikan berdasarkan seberapa cepat perkembangan selnya dan bagian sel mana yang mempengaruhi. Tipe Leukemia Myelogenous Akut telah membunuh sekitar 41.714 orang antara tahun 2003-2007. Hampir 22.000 orang diperkirakan akan meninggal karena Leukemia pada tahun 2010.





7. Non-Hodgkin Lymphoma : 104.407 jiwa


korban kanker limphoma
Kanker ini mempengaruhi limfosit (sejenis sel darah putih) dan ditandai oleh kelenjar getah bening yang membesar, demam dan penurunan berat badan. Ada beberapa jenis Non-Hodgkin lymphoma, berdasarkan seberapa cepat kanker itu tumbuh dan jenis limfosit yang terkena dampak. Non-Hodgkin lymphoma lebih mematikan daripada Hodgkin Lymphoma sehingga pada tahun 2010 kanker ini menyebabkan kematian lebih dari 20.000 orang.





8. Kanker Hati dan Saluran Empedu Intrahepatic : 79.773 jiwa



kanker hati
Menurut Mayo Clinic, kanker hati adalah salah satu bentuk kanker paling umum yang terjadi di seluruh dunia, tetapi jarang di Amerika Serikat. Namun, penderita kanker ini di Amerika terus meningkat. Sebagian besar kanker hati yang terjadi di AS dimulai di tempat lain dan kemudian menyebar ke hati. kanker hati berkaitan erat terkait dengan kanker saluran empedu intrahepatic, yang terjadi di saluran yang membawa empedu dari liver ke usus kecil. Hampir 19.000 orang Amerika diperkirakan meninggal dunia akibat kanker hati dan saluran empedu intrahepatic pada tahun 2010.





9. Kanker Ovarium : 73.638 jiwa




kanker ovarium
 Kanker ovarium adalah penyebab kematian nomor empat pada wanita antara tahun 2003-2007. Usia rata-rata perempuan didiagnosis terkena kanker ovarium sekitar 63 tahun. Kanker ini lebih mudah untuk diobati tapi sulit dideteksi pada tahap awal. Gejala-gejalanya adalah ketidaknyamanan perut, desakan untuk buang air kecil dan nyeri panggul. Hampir 14.000 wanita diperkirakan meninggal dunia akibat kanker ovarium pada tahun 2010.





10. Kanker Esophageal : 66.659 jiwa


kanker esophagus
Menurut Mayo Clinic, kanker ini dimulai pada sel yang melapisi esofagus (saluran yang membawa makanan dari tenggorokan ke perut) dan biasanya terjadi di bagian bawah kerongkongan. Antara tahun 2003-2007 kanker kerongkongan ini menyebabkan kematian lebih banyak pada laki-laki daripada perempuan. Menurut NCI, kanker ini diperkirakan dapat menyebabkan kematian sekitar 14.500 orang pada tahun 2010.






Dari : berbagai sumber

3 comments:

Fanda said...

Kanker paru2 ternyata masih menduduki peringkat pertama ya? Itu karena orang tak mau juga berhenti merokok meski sudah tahu resikonya.

j4j said...

gambarnya ngeri juga...!!! mau gimana lg mbak fanda, bagi sebagian orang rokok udah kayak kebutuhan pokok...!!!

mohon maaf lahir batin ya mbak jasmine...!!! maaf klo komentar2ku sering ngawur dan tidak mengenakkan hati...!!! :D :D

G said...

wah nice post, jadi tahu macam-macam kanker dan hidup lebih sehat.

Post a Comment

makasih nih udah berkunjung,ngomen ya,hehehe biar jadi makin deket

Related Posts with Thumbnails

Blog Stats

Health BlogsTopOfBlogsHealth Blogs - Blog Rankings