March 23, 2010

Home » , » Membunuh Sel Kanker Payudara dengan Bola Es

Membunuh Sel Kanker Payudara dengan Bola Es

Detroit, Terapi pengobatan baru untuk kanker payudara ditemukan. Metode ini menghancurkan kanker payudara dengan cara mengepungnya dengan menggunakan bola es. Terapi ini bisa menjadi pengobatan yang aman tanpa melalui operasi.

Teknik terapi ini disebut dengan cryotherapy dan sudah digunakan sebelumnya untuk mengobati kanker prostat. Terapi ini menggunakan beberapa jarum seperti cryoprobes yang dimasukkan ke daerah tumor serta mengalirkan gas yang super dingin untuk masuk ke dalam tumor tersebut. Es bola yang terbentuk ini secara cepat mengelilingi sel-sel kanker dan membunuhnya.

Terapi pembekuan ini telah diujicobakan sebelumnya untuk kanker payudara, tapi metode ini tengah dikembangkan untuk pertama kalinya dalam hal meminimalkan invasif sehingga tidak memerlukan pembedahan.

Tapi para ahli kanker memperingatkan mungkin dibutuhkan waktu bertahun-tahun untuk menjadikan teknik ini sebagai terapi yang umum.
Selama ini pengobatan untuk kanker payudara adalah melalui operasi yang menawarkan kesempatan paling baik untuk sembuh. Tapi mengambil salah satu payudara atau memotong jaringan ganas dapat memiliki dampak psikologis yang mendalam bagi pasien.

Selain itu pengobatan dengan kemoterapi dan radioterapi juga memiliki kelemahan
yang serius dalam bentuk komplikasi dan efek samping. Karena itu kemungkinan ada minat yang besar dari pasien untuk menggunakan terapi pembekuan sebagai salah satu pilihan kesembuhan.

"Pengobatan cryoteraphy minimal-invasif membuka jalan sebagai pengobatan baru yang potensial untuk kanker payudara dan diperlukan pengujian lebih lanjut," ujar ketua peneliti Dr Petrus Littrup dari Barbara Ann Karmanos Cancer Institute di Detroit, AS, seperti dikutip dari Dailymail, Jumat (19/3/2010).

Dr Littrup menambahkan ketika digunakan sebagai kontrol lokal atau sebagai potensi pengobatan kanker payudara, terapi ini diberikan secara aman dan efektif dengan sedikit rasa tak nyaman bagi beberapa perempuan yang menolak pembedahan.

"Ini adalah studi pertama yang melaporkan keberhasilan terapi pembekuan kanker payudara tanpa harus menjalani operasi setelahnya dan hal ini membuktikan bahwa terapi ini benar-benar diperlukan. Terapi pembekuan untuk kanker payudara bukanlah hal yang baru, tapi perkembangannya sangat lambat," tambahnya.

Selama prosedur ini, dokter akan dipandu dengan menggunakan alat USG (ultrasonografi) atau CT-scan (computerised tomography) sinar X. Hasil penelitian ini telah dipresentasikan dalam pertemuan tahunan Society of Interventional Radiology di Tampa, Florida.

(ver/ir)

0 comments:

Post a Comment

makasih nih udah berkunjung,ngomen ya,hehehe biar jadi makin deket

Related Posts with Thumbnails

Blog Stats

Health BlogsTopOfBlogsHealth Blogs - Blog Rankings